EFEKTIVITAS PELAKSANAAN TUGAS APARATUR BIROKRASI DALAM PELAYANAN PUBLIK DI KELURAHAN SAMUDA KOTA KECAMATAN MENTAYA HILIR SELATAN KABUPATEN KOTAWARINGIN TIMUR
Article Sidebar
Articles
Abstract views 845 times
Total Downloaded 479 times
This article can be traced in:
DOAJ GOOGLE SCHOLAR DIMENSIONS PORTAL GARUDA BASE INDONESIA ONESEARCH MORAREFMain Article Content
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas tugas pegawai dalam memberikan pelayanan publik dan untuk mengetahui faktor- faktor yang mempengaruhi efektivitas tugas pegawai dalam memberikan pelayanan publik di Kelurahan Samuda Kota Kecamatan Mentaya Hilir Selatan Kabupaten Kotawaringin Timur. Jenis metode penelitian ini adalah jenis penelitian deskriptif kualitatif. Informan penelitian itu yaitu 8 (Delapan) orang, yaitu (1) Kepala Kelurahan, (2) Sekretaris Kelurahan, (3) Ketua LPM, dan (4) lima orang Pengguna Layanan/masyarakat yang pernah berurusan pelayanan di Kantor Lurah Samuda Kota.
Berdasarkan hasil penelitian yang telah diuraikan sebelumnya terhadap efektivitas pelayanan publik dan faktor-faktor yang mempengaruhi di Kelurahan Samuda Kota , maka penulis menarik kesimpulan, Efektivitas pelaksanaan tugas aparat terhadap pelayanan publik pada Kantor Lurah Samuda Kota berada pada kategori efektif, baik dari segi kualitas maupun kuantitasnya karena jawaban/tanggapan informan menjelaskan baik, atas segala bentuk pelayanan yang diberikan oleh aparat Kelurahan Samuda Kota , seperti; kesederhanaan dalam pelayanan, keterbukaan dalam pelayanan, keadilan dalam pelayanan, dan ketepatan waktu dalam pelayanan kepada masyarakat. Faktor-faktor yang mempengaruhi dalam upaya untuk memaksimalkan efektivitas pelaksanaan tugas aparat terhadap pelayanan publik di kelurahan Samuda Kota , adalah kemampuan aparat dalam mentaati aturan sistem kerja dapat dilaksanakan dengan baik, serta sarana pelayanan Kantor Lurah samuda kota yang kurang memadai seperti belum tersedianya komputer PC yang memadai dan menjadi faktor yang sangat berpengaruh dalam pelaksanaan efektivitas tugas pegawai dalam melaksanakan pelayanan publik pada Kantor Lurah Samuda Kota
Article Details
References
Gibson, James L, John M Ivancuilh Dan James H, Donnely Jr. (1996). Organisasi, Perilaku, Struktur, Proses, Jilid 1, Bumi Aksara, Jakarta.
G. Consuelo & Sevilla, (1993), Pengantar Metode Penelitian, Edisi Terjemahan, Alimuddin Tuwu, Ui-Press, Jakarta.
Hidayat, (1995), Konsep Dasar Dan Pengertian Produktivitas Serta Interprestasi Hasil Pengukurannya, Prisma No. 11, Jakarta.
Lukman, Sampara, (1999), Manajeman Kualitas Pelayanan, STIA LAN Press, Jakarta.
Manullang, (1998), Management Personalia Ghalia Indonesia, Jakarta.
Moenir, H.A.S, (1998), Manajemen Pelayanan Umum Di Indonesia, Bumi Aksara, Jakarta.
Nurdjaman, H. Progo, (2004) Penyelenggaraan Pemerintahan Umum, Direktorat Jendral Pemerintahan Umum Departeman Dalam Negeri, Jakarta.
Siagian, S.P., (1995), “Organisasi Kepemimpinan Dan Prilaku Organisasi, PT. Gunung Agung, Jakarta.
Singarimbun, Masri Dan Effendi Safian., (1989). Metode Penelitian Survai, Revisi, Ed, LP3ES, Jakarta.
Tjiptono, Fandy, (2003). Manajemen Jasa, Andi Yogyakarta, Yogyakarta.
The Liang Gie. (2000). Administrasi Perkantoran Modern, Edisi Keempat, Liberty, Yogyakarta.
Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014, Tentang Pemerintah Daerah
Wasistiono, Sadu, (2001). Kapita Selekta Manajemen Pemerintah Daerah, Alqaprint, Bandung.
Widodo, Joko, (2001). Good Governance, Telaah Dimensi Akuntabilitas Dan Kontrol Birokrasi Pada Era Desentralisasi Dan Otonomi Daerah, Insan Cendekia, Surabaya.
Widjaja, Haw, (2000), Pemerintahan Desa/Marga Berdasarkan UU No. 22 Tahun 1999 Tentang Pemerintahan Daerah, Suatu Telaah Administrasi Negara, Raja Grafindo Persada, Jakarta.
Yosmardin, (200), Penelitian Evaluasi Kriteria Pemekaran Daerah Otonom, Jurnal Ilmu Perintahan Edisi Nomor 18 Tahun 2002, Masyarakat Ilmu Pemerintahan Indonesia, Jakarta.
Most read articles by the same author(s)
- Aston Pakpahan, Fauzi Rahman, PERAN KEPEMIMIMPINAN DALAM MENINGKATKAN KEDISIPLINAN ATLET PADA KONI SAMPIT KOTAWARINGIN TIMUR , JURNAL SOCIOPOLITICO: Vol 4 No 1 (2022): JURNAL SOCIOPOLITICO
- Fauzi Rahman, Eri Purwati, PERAN BIROKRASI DALAM MENINGKATKAN KUALITAS LAYANAN FRONT OFFICE DI MASA PANDEMI COVID-19 PADA KANTOR BADAN KEPEGAWAIAN DAN PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA DI KOTA PALANGKA RAYA , JURNAL SOCIOPOLITICO: Vol 5 No 1 (2023): JURNAL SOCIOPOLITICO