PERAN KEPALA DESA SEBAGAI OPINION LEADER DI DESA BUKIT HARAPAN

Main Article Content

Wijoko Lestariono Universitas Palangka Raya, Indonesia
Hendro Hendro Universitas PGRI Palangka Raya, Indonesia

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) Untuk mendeskripsikan peranan Kepala Desa dalam membangun citra kerja yang baik terhadap warga pada masyarakat di Desa Harapan Kabupaten Kotawaringin Timur. (2) Untuk mendeskripsikan peranan Kepala Desa dalam meningkatkat hubungan komunikasi kepada masyarakat di Desa Bukit Harapan Kabupaten Kotawaringin Timur.


Jenis penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif metode yang hanya memaparkan, menuliskan, dan melaporkan keadaan suatu objek ataupun suatu peristiwa yang berupa penyingkapan sebuah fakta. Sedangkan metode studi kasus adalah metode penelitian tentang subjek penelitian berupa individu, kelompok, lembaga, atau masyarakat, yang berkenaan dengan suatu fase atau tahap, sehingga dapat memberikan gambaran secara mendetail tentang latar belakang, sifat dan karakter yang khas dari suatu kasus.


Hasil penelitian ini dapat disimpulkan : 1) Dalam peraturan desa Kepala Desa di Desa Bukit Harapan Kecamatan Parenggean Kabupaten Kotawaringin Timur telah menyelesaikan proker desa yang dibuat dan semua anggota ikut serta dalam menjalankan proker kerja, dan visi/misi yang ada didesa sangat berjalan dengan baik, serta sekertaris desa sangat membantu dalam peraturan desa yang dijalankan dalam pemerintahan. 2) Hambatan yang dialami di kantor pemerintahan desa masih sangat kurangnya keterlibatan masyarakat terhadap program yang telah disusun oleh pemerintah desa, untuk selanjutnya agar partisifasi warga bisa ditingkatkan lagi agar proses pembangunan desa dapat berjalan dengan lancar adanya komunikasi yang baik antara pemerintah desa dan warganya.

Article Details