EFISIENSI APARATUR DESA DALAM PENYELENGGARAAN PEMERINTAHAN DESA (DI DESA HENDA KECAMATAN JABIREN RAYA KABUPATEN PULANG PISAU)

Main Article Content

Betty Karya

Abstract

Tujuan penelitian sebagai berikut Untuk mendeskripsi dan menganalisis Kompetensi Aparatur Desa tentang Penyelenggaraan Pemerintahan Desa Henda,Untuk mendeskripsi dan menganalisis faktor yang mempengaruhi Kompetensi dari Aparatur Desa Henda.


Metode yang digunakan adalah penelitian kualitatif adapaun teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu Observasi, Wawancara dan Dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian Kompetensi Aparatur Desa dalam Penyelenggaraan Pemerintahan Desa di Desa Henda Kecamatan Jabiren Raya Kabupaten Pulang Pisau.


Kesimpulanpe nelitian sebagai berikut: Aparatur Desa adalah Pemerintah Desa dan Badan Permusyawaratan Desa yang dapat dikatakan sebagai ujung tombak sebagai pelaksana penyelenggaraan Penyelenggaraan Pemerintahan Desa, Kompetensi dari Aparatur Desa di Desa Henda sudah cukup baik karena dalam penyelenggaraan Pemerintahan Desa Aparatur Desa Henda selalu berpegang dan memperhatikan asas-asas penyelenggaraan Pemerintahan Desa. Aparatur Desa Henda juga dalam menyelenggarakan Pemerintahan Desa dilaksanakan atas dasar musyawarah desa dimana musyawarah desa adalah hasil keputusan tertinggi yang ada didesa sesuai dengan amanat Undang-Undang. Dalam melakukan penyelenggaraan Pemerintahan Desa Aparatur Desa sudah profesional dikarenakan apabila Aparatur Desa mendapatkan suatu ransangan atau masalah dari luar tidak pernah berimbas pada pekerjaan yang lainnya.


Dalam pelaksanaan penyelenggaraan Pemerintahan Desa di Desa Henda terjadinya Kurangnya kordinasi dari Aparatur Desa (Pemerintah Desa dan Badan Permusyawaratan Desa) mengakibatkan pengembangan Kompetensi lemahnya kepada satu pihak dan akan menguat pengembangan Kompetensi kepada satu pihak. Motivasi Kerja dari Aparatur Desa terutama Badan Permusyarawatan Desa (BPD) yang sebagai mitra kerja dari Pemerintah Desa menurun dikarenakan belum terpenuhinya kebutuhan operasional karena sebenarnya mengikuti seiring dengan apa yang direncanakan. Apabila berbicara masalah motivasi berarti akan bersamaan membahas Kompetensi karena variabel yang sangat berpengaruh bagi Kompetensi ialah motivasi.

Article Details

Section
Articles