TINGKAT KEPUASAN PENGUNJUNG TERHADAP KETERSEDIAAN FASILITAS YANG ADA DI HUTAN KOTA NYARU MENTENG BERKAH KOTA PALANGKA RAYA
Article Sidebar
Articles
Article Matrics :Abstract views 350 times
Total Downloaded 139 times
This article can be traced in:
DOAJ GOOGLE SCHOLAR DIMENSIONS PORTAL GARUDA BASE INDONESIA ONESEARCH MORAREFMain Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kepuasan pengunjung terhadap fasilitas yang tersedia diHutan Kota Nyaru Menteng Berkah Kota Palangka Raya. Penelitian ini dilakukan diHutan Kota Nyaru Menteng Berkah Kota Palangka Raya yang terletak di Jalan Tjilik Riwut KM 28 Kelurahan Tumbang Tahai Kecamatan Bukit Batu Kota Palangka Raya. Responden dalam penelitian ini adalah 100 pengunjung yang sedang berkunjung di diHutan Kota Nyaru Menteng Berkah Kota Palangka Raya. Analisis data dilakukan dengan menggunakan metode kuantitatif yang diperoleh dari pendekatan analisis skoring. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner kepadan responden yaitu pengunjung Hutan Kota Nyaru Menteng Berkah Kota Palangka Raya. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini mendapatkan 4 variable kepuasan pengunjung terhadap fasilitas diHutan Kota Nyaru Menteng Berkah Kota Palangka Raya yang mendapatkan skor sangat tinggi atau sangat memuaskan dari responden yaitu kepuasan terhadap kualitas jembatan skor (4,29), kepuasan terhadap wisata dermaga skor (4,28), kepuasan terhadap biaya masuk skor (4,27), dan kepuasan terhadap jalan diobjek wisata skor (4,23). Dan berdasarkan kesimpulan dari teknik skoring dapat disimpulkan bahwa tingkat kepuasan pengunjung terhadap ketersedian fasilitas yang ada diHutan Kota Nyaru Menteng Berkah Kota Palangka Raya sudah baik atau memuaskan hanya saja masih terdapat beberapa fasilitas yang bisa dikembangkan menjadi lebih baik lagi.
Article Details
References
Harison, J. (2010). Understanding the tourism sector: Definitions and perspectives. Tourism Studies Journal, 15(3), 45-60.
Hidayat, B. (2007). Kalimantan Tengah dan perannya dalam ekosistem global. Jurnal Ekosistem Tropis, 12(4), 89-102.
Kim, J., & Kim, M. (2010). The role of comfort in consumer satisfaction and loyalty: A case study in hospitality. Journal of Hospitality and Tourism Research, 34(4), 507-519.
Kotler, Philip dan A.B Susanto. 2000. Manajemen Pemasaran Jasa Di Indonesia, Analisis Perencanaan, Implementasi dan Pengendalian (Edisi Pertama). Jakarta: Salemba Empat.
Kotler, P. (2012). Kepuasan pengunjung: Teori dan aplikasi dalam pemasaran pariwisata. Jurnal Pemasaran, 20(4), 45-59.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2012). Marketing management (14th ed.). Pearson Education.
Kotler, P., Bowen, J. T., & Makens, J. C. (2017). Marketing for hospitality and tourism (7th ed.). Pearson.
Koetjaraningrat. 1997. Metode-metode Penelitian Masyarakat. Gramedia Pustaka Utama. Jakarta.
Kuswanto, H. (2011). Penelitian Deskriptif dalam Ilmu Sosial dan Pendidikan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Massey, D. (2004). Geographies of responsibility. Geography, 89(2), 148-155.
Muljadi. 2012. Kepariwisataan dan Perjalanan. Jakarta: Rajawali Pers.
Mulyawan, R. (2017). Observasi dalam penelitian sosial: Teknik dan aplikasinya. Jurnal Penelitian Sosial, 12(1), 30-40.
Septiani, L. (2010). Pengertian kepuasan pengunjung: Perspektif teori dan penelitian. Dalam T. Tjiptono (Ed.), Manajemen Pemasaran: Teori dan Aplikasi (hlm. 123-145). Jakarta: Penerbit XYZ.
Setiawati, N., Suryani, I., & Pratama, M. (2015). Penelitian Primer dan Sekunder dalam Metodologi Penelitian. Jakarta: Rajawali Press.
Spillane, James J. (1994). Pariwisata indonesia: siasat Ekonomi dan Rekayasa Kebudayaan. Kanisius. Yogyakarta.
Spillane, J. (1994). Five key elements of visitor satisfaction. Journal of Tourism Management, 18(1), 63-72.
Soekadijo. R. G. 2003. Anatomi Pariwisata (Memahami Pariwisata Sebagai “Systemic Linkage”). PT Gramedia Pustaka Utama. Jakarta.
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan kuantitatif dan kualititatif RnD. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, Bandung : PT Alfabet.
Sutanto, T. (2015). Peran transportasi dalam pembangunan ekonomi dan pariwisata. Jurnal Transportasi dan Pembangunan, 22(3), 123-135.
Suyanto, D. (2009). Peran infrastruktur dalam pengembangan ekonomi daerah. Jurnal Ekonomi dan Pembangunan, 15(2), 45-59.
Swarbrooke, J., & Horner, S. (2007). Consumer behavior in tourism (2nd ed.). Butterworth- Heinemann.
Tika, M. P. (2005). Penggunaan kuesioner dalam penelitian sosial (hlm. 54). Dalam H. Nawawi, Metode Penelitian Sosial (ed.). Jakarta: Penerbit XYZ.
Tjiptono Fandy, dan Gregorius Chandra. 2011. Service, Quality and Satisfaction (ed 3). Yogyakarta. Andi.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 10 Tahun 2009 tentang Kepariwisataan. (2009). Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2009 Nomor 11. Jakarta: Sekretariat Negara Republik Indonesia.
Utama, I. G. B. R., & Mahadewi, N. M. E. (2012). Pengertian dokumentasi dalam penelitian dan aplikasinya. Jurnal Ilmu Komunikasi, 18(2), 67-80.
Utama, I. G. (2015). Hubungan Motivasi Perjalanan dan kepuasan Wisatawan Mancanegara Lanjut Usia Berwisata di Bali. Jurnal Kepariwisataan.
Wardiyanta. 2006. Metode Penelitian Pariwisata. Andi Offset, Yogyakarta. 103 hlm.
Wardiyanta, I. (2006). Metode observasi dalam penelitian sosial: Pengertian dan penerapannya. Jurnal Ilmu Sosial dan Budaya, 10(1), 32-45.
Yoety, O. (1983). Pariwisata: Teori dan praktek. (hlm. 2). Jakarta: Penerbit ABC. (dikutip dari Wahab, S.).
Yoeti, Oka A. 2008. Ekonomi Pariwisata. Kompas. Jakarta.
Most read articles by the same author(s)
- Yos Andy Tangkasiang, Kukuh Wurdianto, Mahdi Surya Aprilyansyah, Yandi Ugang, IMPACT OF BLACK WATER TOURISM ON LOCAL COMMUNITIES IN KERENG BANGKIRAI PALANGKA RAYA , JURNAL SOCIOPOLITICO: Vol 7 No 1 (2025): JURNAL SOCIOPOLITICO