PERAN MEDIA MASSA DALAM PERUBAHAN PERILAKU REMAJA DI DESA MANTAREN 2 KABUPATEN PULANG PISAU

Main Article Content

Yandi Ugang Program Studi Ilmu Hukum, Universitas PGRI Palangka Raya, Indonesia
Novaria Marissa Pendidikan Geografi, Universitas PGRI Palangka Raya, Indonesia
Andiko Wibowo Program Studi Sosiologi, Universitas PGRI Palangka Raya, Indonesia

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan menggunakan teknik kualitatif. Topik kajiannya adalah pemuda desa mantaren dua usia 15-23 tahun, orang tua remaja, dan pimpinan jaringan. Pokok bahasan penelitian ini adalah keadaan remaja desa mantaren 2, selanjutnya sumbangan media massa dalam mengubah perilaku remaja. Penempatan penelitian dilakukan di desa mantaren 2 kecamatan pulang pisau. Metode yang diterapkan dalam mengumpulkan informasi dengan bantuan pernyataan, wawancara, dan dokumentasi yang bermanfaat. Teknik yang digunakan untuk menganalisis informasi adalah studi tentang keabsahan catatan bersama dengan perluasan partisipasi, keteguhan komentar, dan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) keadaan remaja di desa mantaren 2 kecamatan pulang pisau sangat beragam. Sebagian besar remaja di desa mantaren 2 adalah lansia yang berusia sekitar 15-23 tahun. Dilihat dari jumlah sekolahnya, anak tersebut menjadi tidak kuliah. Maksimal dari mereka lulus luar biasa dari fakultas standar. Elemen keuangan dan kurangnya keahlian pendidikan sebagai penyebab masalah. 2) kontribusi media massa dalam merubah pola pikir remaja, dapat dilihat melalui cara hidup remaja, misalnya dari cara berpakaian, cara berkomunikasi dan etika kesopanan dalam pergaulan. jalan ayah dan ibu.

Article Details

How to Cite
Ugang, Y., Marissa, N., & Wibowo, A. (2024). PERAN MEDIA MASSA DALAM PERUBAHAN PERILAKU REMAJA DI DESA MANTAREN 2 KABUPATEN PULANG PISAU. JURNAL SOCIOPOLITICO, 6(1), 47-55. https://doi.org/10.54683/sociopolitico.v6i1.110

References

Ardianto, Elvinaro. (2004). Komunikasi Massa: Suatu Pengantar. Bandung: Simbiosa Rekatama
Bambang Mulyono Y. (1984). Pendekatan Analisa Kenakalan Remaja Dan Penanggulangannya. Yogyakarta: Kanisius
Baran, Stanley J dan Davis, Dennis K. (2010). Teori Komuniasi Massa : Dasar, Pergolakan, dan Masa Depan. Jakarta : Salemba
Humanika Burton, Graeme. (2007). Membincangkan Televisi. Yogyakarta: Jalasutra
Bungin, Burhan. (2009). Sosiologi Komunikasi. Jakarta : Kencana
______2001). Metodologi Penelitian Kualitatif. Jakarta : PT. Raja Grafindo Perkasa
Cervone, Daniel. (2012). Kepribadian. Jakarta : Salemba
Humatika Darwanto. (2007). Televisi Sebagai Media Pendidikan. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.
Geldard, Kathryn. (2011). Konseling Remaja. Yogyakarta : Pustaka Pelajar
Hadiwinarto. (2009). Psikologi : Teori dan Pengukuran. Bengkuli : Sabar Jaya
Lexy J. Moleong. (2000). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung : PT Remaja Rosda Karya
Littlejohn, Stephen W dan Foss, Karen A. (2011). Teori komunikasi. Jakarta : Salemba Humanika
Martodiharjo, Haryo, dkk. (1998). Dampak Periklanan Terhadap Kehidupan Masyarakat. Jakarta : CV Bupara Nugraha
Rakhmat, Jalaluddin. (2005). Psikologi Komunikasi. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Rakhmat, Jalaluddin. (1985). Sosiologi Komunikasi Massa. Bandung : CV Remadja
Robbins, P, Stephen. (2003). Perilaku Organisasi. Jakarta : PT Indeks Kelompok Gramedia
Santrock, John W. (2003). Adolescence Perkembangan Remaja. Jakarta : Erlangga
Sarwono , Sarlito W. (2012). Psikologi Remaja. Jakarta : Rajawali Pers
Severin, Werner J & James W. Tankard. (2007). Teori Komunikasi : Sejarah, Metode, & Terapan di Dalam Media Massa. Jakarta : Kencana
Singgih D. Gunarsa & Ny. Y. Singgih D. Gunarsa. (1991). Psikologi Remaja. Jakarta: BPK Gunung Mulia
Sugiyono. (2007). Metode Penelitian Kuantitaf Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta
Sutopo,H.B.(2006) Metode Penelitian Kualitatif. Dasar Teori dan Terapannya dalam Penelitian. Surakarta : Universitas Sebelas Maret.
Uchjana, Onong. (1986). Dinamika Komunikasi. Bandung : Remadja Karya
Walgito, Bimo. (2004). Pengantar Psikologi Umum. Yogyakarta : Andi Offset