Author Guideline

Pedoman Penulis Artikel pada Jurnal Sociopolitico

  1. Naskah belum pernah dimuat/diterbitan di media lain, di ketik dengan 1 spasi pada kertas A4 dengan huruf Time New Romans berukuran 12, banyak halaman tidak melebihi 12 dilengkapi : judul maksimal 12 kata (Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris); abstrak sebanyak 200-250 kata (Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris); dan kata kunci sebanyak 3-5 pengertian (deskriptor) dalam Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris. Naskah di upload ke http://jurnal.fisipolunivpgripky.ac.id/index.php/sociopolitico dengan mengikuti guideline yang tersedia di link tersebut.
  2. Naskah yang dapat dimuat dalam jurnal ini meliputi tulisan tentang kebijakan, penelitian, pemikiran, reviuteori/konsep/metologi, resensi buku baru, dan informasi yang berkaitandengan permasalahan di bidang ilmu sosial dan ilmu politik.
  3. Artikel hasil penelitian memuat: judul artikel, nama penulis, alamat e-mail penulis, abstrak dan kata kunci, dan isi. Isi artikel mempunyai struktur dan sistematika serta persentase jumlah halaman sebagai berikut.
  4. Penduhuluan meliputi: Latar belakang, perumusan masalah dan tujuan penelitian (20%).
  5. Metode Penelitian: pada bagian ini memuat metode, dan memuat bagan ataupun bagan alir (20%).
  6. Hasil dan pembahasan (30%).
  7. Kesimpulan dan saran (30%).
  8. Pustaka Acuan (hanya beris iacuan yang dipergunakan sebagai rujukan langsung).
  9. Artikel Pemikiran/gagasan dan atau review teori memuat: Judul, nama penulis, alamat e-mail penulis, abtrak dan kata kunci, dan isi. Isi artikel mempuanyai struktur dan sistematika serta persentasenya dari jumlah halaman sebagai berikut.
  10. Pendahuluan meliputi latar belakang, rumusan masalah dan tujuan penulisan (10%).
  11. Metode Penelitian dan pembahasan serta pengembangan teori/konsep (70%).
  12. Kesimpulan dan saran (20%)
  13. Pustaka acuan (hanya berisi sumber acuan yang digunakan sebagai rujukan langsung).
  14. Artikel resensi buku selain menginformasikan bagian-bagian penting dari buku yang diresensi juga menunjukan bahasan secara mendalam kelebihan dan kelemahan buku tersebut serta membandingkan teori/konsep yang ada dalam buku tersebut dengan teori atau konsep dari sumber-sumber lain.
  15. Khusus naskah hasil penelitian yang disponsori oleh pihak tertentu harus ada pernyataan (acknowledgement) yang berisi informasi sponsor yang mendanai dan ucapan terimakasih kepada sponsor tersebut.
  16. 80% atau lebih Pustaka yang diacu hendaknya bersumber dari hasil-hasil penelitian, gagasan, teori/konsep yang telah diterbitkan di jurnal (komposisisum beracuan dari hasil penelitian lebih banyak daripada sumber yang diacu dari buku teks). Hasil penelitian paling lama 10 tahun terakhir, kecuali pustaka acuan yang klasik (tua) yang memang dimanfaatkan sebagai bahan kajian histori. Penulisan pustaka acuan yang bersumber dari internet, agar ditulis secara berurutan sebagai berikut: penulis, judul, alamat web, dan tanggal unduh (download).

Unsur yang ditulis dalam daftar rujukan secara berturut-turut meliputi: 1) nama pengarang ditulis dengan urutan: nama akhir, nama awal, nama tengah, tanpa gelarak ademik; 2) tahun penerbit; 3) judul, termasuk sub judul; 4) tempat penerbitan; dan 5) nama penerbit. Unsur-unsur tersebut dapat bervariasi tergantung jenis sumber pustakanya.

  1. Tata cara penulisan Daftar Pustaka

Daftar Pustaka dari buku:

Djuyandi Y. (2017). Pengantar Ilmu Politik. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada

Apabalia nama penulis lebih dari dua kata

Nama Belakang,(koma) Nama Depan (spasi) Nama Tengah.(titik) Judul Buku (cetak miring).(titik) Kota Terbit:(titik dua) Nama Penerbit

Yudhoyono, Susilo Bambang. (2016). Panduan Perang. Jakarta: Gramedia.

Penulisan Daftar Pustaka Jika Dua Pengarang atau Lebih

Rendra, Siti, Budiawan dan Sugeng. (2016). Panduan Pelatihan IM. Bandung: Desamedia.

Penulisan Daftar Pustaka Untuk Buku Terjemahan Atau Suntingan

Saputra, Ardi (Penterjermah). 2013. Dasar Dasar HTML. Jakarta: Informatika.

Jika Nama Penulis Sama, Tapi Judul Buku Berbeda

Setyawan. 2012. Dasar Manajemen . Sidoarjo: Arjo Media.

________ . 2014. Pengantar Ilmu Politik. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada.

Jika Tidak Ada Nama Pengarang

Depdiknas. 2004. Petunjuk Pelaksanaan Dana Bantuan Operasional. Jakarta: Depdiknas.

Contoh Daftar Pustaka Dari Koran

Bagus, Yadi. 2011. Cara Internet Gratis, Harian Malang. Malang: Media Pustaka. (5 Januari 2011)

Contoh Daftar Pustaka Untuk Tugas Akhir atau Skripsi

Nama penulis, diikuti dengan tahun pada sampul, judul tugas/skripsi/tesis, pernyataan tugas akhir/skripsi, fakultas, nama perguruan tinggi, kota tempat perguruan tinggi.

Susanto M. (2018). Pola Rekrutmen Calon Anggota Legislatif Partai Gerakan Indonesia Raya Di Kabupaten Kapuas. Tugas Akhir, Jurusan Ilmu Politik, Universitas PGRI Palangka Raya.

Contoh Daftar Pustaka dari Ensiklopedia atau Kamus

Penulisan daftar pustaka yang bersumber dari ensiklopedia atau kamus sama halnya dengan daftar pustaka pada umumnya.

Sandler, J.M. dan Adam, H. (Eds). 1991. Kamus Bahasa Inggris – Indonesia. Lawang: PT Gramedia.

Contoh Daftar Pustaka dari Internet

Pratama, Deny. 2017. Cara Menulis Daftar Pustaka Yang Baik dan Benar. https://carabermanfaat.com/cara-menulis-daftar-pustaka.  Diakses 11 April 2017.

Daftar Pustaka dari Peraturan Pemerintah atau Keputusan Presiden

Penanggung jawab dari dokumen ini adalah pemerintah Indonesia, maka dapat ditulis dengan Republik Indonesia atau Pemerintah Indonesia atau Cukup Indonesia saja.

Republik Indonesia. 1991. Undang-Undang No. 23 Tahun 1991 tentang Penataan Ruang. Lembaran Negara RI Tahun 1991, No. 114. Sekretariat Negara. Jakarta.

Republik Indonesia. 1998. Undang-Undang No. 21 Tahun 1998 tentang Pemerintahan Daerah. Lembaran Negara RI Tahun 1998, No. 50. Sekretariat Negara. Jakarta.

 

Daftar pustaka dari buku yang ditulis lebih dari dua penulis, dapat ditulis dengan menambahkan nama penulis pertama dengan dkk (dan kawan-kawan) atau et.al (dan lainnya). Penulisan dalam Pustaka Acuan harus ditulis lengkap dengan nama penulis lainnya.

Malfroms, et.al ditulis lengkap Malmfors, B. P., Garnsworthy, M. Grossman. 2005. Writing and presenting Scientific Papers. 2 Ed. Nottingham University Press, Nottingham, UK.

Edi Suhardi Ekajati, dkk.,ditulis lengkap Ekajati. Edi Suhardi, Darsa, Undang A., Fathurahman. Oman., 1992. Jawa Barat, Koleksi Lima Lembaga.

Daftar Pustaka dari artikel dalam jurnal, contoh:

Sriyana. (2015). Pelaksanaan Komunikasi Dalam Meningkatkan Pelayanan Kerja Pada PT. Telkom Palangka Raya. Jispol 1 (1), 45-70

Daftar Pustaka dari artikel dalam majalah atau koran, contoh:

Alka, David Krisna. 4 Januari 2011. Republik Rawan Kekerasan? Suara karya hlm. 11

Daftar Pustaka dari karya terjemahan, contoh:

Sztompka, Piotr. 2005. Sosiologi Perubahan Sosial(Terjemahan Aliman dan) Jakarta: Penerbitan Prenada

Daftar Pustaka  dari makalah yang disajikan dalam seminar, penataran, atau lokarya, contoh:

Siskandar. 2003. Teknologi Pembelajaran Dalam Kurikulum Berbasis Kompetensi. Makalah: Disajikan pada Seminar Nasional Teknologi Pemebelajaran pada Tanggal 22-23 Agustus 2003 di Hotel Inna Garuda Yogyakarta.

  1. Naskah diketik dengan memperhatikan aturan tentang pennggunaan tanda baca dan ejaan yang dimuat dalam pedoman umum ejaan bahasa Indonesia yang disempurnakan (terbaru).
  2. Pengiriman Naskah Disertai dengan alamat, nomor telpon, fax dan e-mail. Pemuatan atau penolakan naskah akan diberitahukan secara tertulis. Naskah yang tidak dimuat tidak akan dikembalikan, kecuali atas permintaan penulis. Kepada penulis diberikan 2 eksemplar jurnal sebagai tada bukti pemuatan.